Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

26 September 2008

TROUBLE EM DI WIN 2003 SERVER

Ceritanya saya habis install Oracle 10g Release 2 di computer server. Mumpung ada server baru, saya buat experiment dulu saja..he…3x :-D . Awalnya proses install berjalan dengan lancar. Mulai dari setting SID,db, package dll. Setelah setting semuanya, database jalan dengan user dan tablspace default.

Tahap selanjutnya, saya mau buat tablespace dan user untuk tablespace tersebut. Lebih mudah, karena ini database 10g, maka saya pakai Enterprise Manager. Enterprise manager sendiri di Windows sudah langsung jalan, tidak seperti di linux. Namun saat aku browsing path buat menentukan tablespace, harus memasukkan username dan password host tersebut, sudah aku masukin dengan benar, namunmuncul error “get RemoteOperationException:ERROR: WRONG PASSWORD FOR USER”.
Setelah googling ternyata mudah sekali mengatasinya.
1.pilih control panel/administrative tools
a. klik on "local security policy"
b. klik on "local policies"
c. klik on "user rights assignments"
d. double klik on "log on as a batch job"
e. klik di "add" dan tambahkan user "normal username" atau "privileged username" yang akan digunakan di EM Manager..

2. Klik Preferences di EM.
a. klik Preferred Credentials (pada kiri)
b. dibawah "Target Type: Host" klik di "set credentials"
c. masukkan username yang telah didaftarkan ke field "normal username" dan "normal password"

3. Test koneksi
a. pada Set Credentials window, klik "Test"

Mudah kan, denger-denger di XP juga perlu didaftarkan usernya.

Terima kasih


3 comments:

  1. sing golongane user SYS karo MANAGER iku piye?

    ReplyDelete
  2. yo tinggal di setting previlige'e gae user sys... aku biasane single dba, cukup gae sys wae bez.. :)

    ReplyDelete