Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

08 January 2009

Museum Kereta Api Ambarawa

Liburan tahun baru temasuk liburan panjang, mulai dari 1 Januari 2009 sampai 4 Januari 2009. Inginya sih mudik ke rumah, tapi karena pad liburan natal sudah pulang aku putuskan untuk tidak mudik lagi. Itung-itung penghematan karena ada gejolak ekonomi. Aku tidak pulang juga karena ada tugas Java di Kampus, lumayan lah bisa memaksa aku untuk belajar java. He..3x. seperti biasa, liburan panjang adalah saatnya untuk liburan. Setelah kemaren di daerah Semarang, sekarang giliran kota ambarawa sebagai tujuan.
Kota ambarawa sendiri ditempuh dari Semarang tidak sampai 1 Jam bila jalanan lancar. Kota ini dahulu kala terkenal dengan medan pertempuran Pangeran Sudirman, maka tak heran bila di kota ini banyak peninggalan jaman penjajahan dahulu. Salah satu peninggalan yang tersisa adalah Museum Kereta Api Ambarawa. Dahulu kala Kota Ambarawa menjadi salah satu Statiun yang ada di Jawa Tengah.
Museum ini sendiri berada tidak jauh dari kota Ambarawa. Namun sayang di Musium ini menurut saya kurang mendapat perhatian dari Dinas Pariwisata. Hal tersebut tercermin pada pintu gerbang yang tidak terawat. Museum ini seharusnya bisa dilestarikan sehingga jumlah pengunjung menjadi bertambah. Untuk tiket masuknya cukup murah, hanya 3000 perak untuk dewasa dan 2000 untuk anak-anak. Di Museum ini terdapat peninggalan perangkat jaman Belanda dahulu. Diantaranya Telepon Jaman dahulu serta beberapa barang yang lain. Arsitektur bangunan ini sendiri juga merupakan design Jaman belanda, mengingatkanku pada “Lawang Sewu” di Semarang. Di depan, terdapat beberapa lokomotif penarik kereta Uap. Ini menjadi obyek yang sangat menarik untuk di Foto. Saya rasa obyek inilah yang membuat orang tertarik. Di dekat loko, terdapat spesifikas loko tersebut seperti Tahun pembuatan, Maksimum kecepatan dan namanya. Agak heran juga saya ketika ada rombongan Turis Mancanegara yang berkunjung ke sini. Mereka satu keluarga dengan 2 anak kecil-kecil yang lucu. Tak lama kemudian, dating lagi rombongan yang diantaranya ada turis Mancanegara juga. Mungkin karena liburan sehingga lumayan rame pengunjungnya.


Selain obyek di atas, ada juga yang ditunggu para pengunjung, yaitu kereta Uap. Kereta ini merupakan salah satu kereta uap tertua di dunia yang masih beroperasi . Karena hanya ada satu kereta dengan 2 gerbong mini, terpaksa nunggu kereta balik yaitu sekitar 45 menit. Untuk naik kereta ini, kita cukup merogoh kocek 10 ribu. Tiket sendiri ditarik saat di atas gerbong, sehingga untuk naik kita berebutan. Jalurnya adalah station tuntang balik lagi. Jarak kedua station ini sekitar 5-8 kilometer. Selama di perjalanan, kita bisa melihat indahnya gunung di daerah Boyolali dan magelang (Merbabu dan Merapi kalau tidak salah). Selain gunung, kita juga melihat keindahan “Rawa Pening” yang merupakan telaga di Ambarawa. Karena sedang ada proyek, keindahan “Rawa Pening” ini menjadi sedikit terkurangi. Selama di perjalanan, sepertinya kereta ini dipaksakan performasinya, kejar setoran mungkin karena di station masih banyak yang antri.
Cukup hemat dan asyik kan, silahkan mencoba…

10 comments:

  1. hemn... i wait for best place in my blog to add blogroll..:)

    ReplyDelete
  2. padahal rumah saya lumayan deket dengan museumnya, tapi malah lom pernah masuk ke sana. cuma lewat tok..

    *farah..farah..

    ReplyDelete
  3. ha....3x. ya kapan2 kesana dunk.. kita lestarikan budaya bangsa..:)

    ReplyDelete
  4. Happy Wednesday! Bloghoppin' here... Hey, I have an interesting tutorial for you that I have written myself. It is about adding Adsense on your Single Post in XML template. I hope you'll like it! God Bless you!

    ReplyDelete
  5. Tinggal sedikit lagi, pertamax :D

    ReplyDelete
  6. lom kesana....
    tapi,bknya mahal ya bos..???

    ReplyDelete
  7. halo war blog walking here

    ReplyDelete
  8. Ayo wae Rik, kapan??? hahahaha

    ReplyDelete
  9. nice post bro...

    kapan2 kl ada waktu ane pgn ngunjungi museum ini..
    thnx udah share info...

    ReplyDelete
  10. ok Bro.. selamat mengunjungi.. :)

    ReplyDelete